PEMASANGAN CCTV



 Pengenalan CCTV

CCTV (Closed Circuit Television) adalah penggunaan kamera video untuk mengirimkan signal video ke tempat yang ditujukan, dalam beberapa set monitor. CCTV paling banyak digunakan untuk pengawasan pada area yang memerlukan monitoring seperti bank, gudang, tempat umum, dan rumah yang ditinggal pemiliknya.

Sistem CCTV biasanya terdiri dari komunikasi bergerak antara kamera dan monitor. Teknologi CCTV modern terdiri dari sistem terkoneksi dengan kamera yang bisa digerakkan , dapat dioperasikan jarak jauh lewat ruang kontrol, dan dapat dihubungkan dengan suatu jaringan baik LAN, Wireless-LAN maupun Internet.

            CCTV ada dua macam, yaitu Indoor dan Outdoor. CCTV Indoor digunakan didalam ruangan. CCTV Outdoor cocok untuk digunakan diluar ruangan .


Alat dan Bahan : 
 
Untuk membuat sebuah sistem CCTV sederhana terlebih dahulu anda harus mengetahui peralatan alat atau material yang digunakan dalam instalasi tersebut. Berikut ini peralatan atau material yang diperlukan :


 Alat

1. Cutter
Image result for cutter


Alat ini digunakan untuk mengupas kulit kabel

2. Tang Potong 
Image result for tang potong
Alat ini digunakan untuk memotong kabel & kawat/tembaga kabel.

3. Obeng 
Image result for obeng
Obeng Plus digunakan untuk memasangkan baut ke CCTV yang ingin dipasangkan ke tempat tujuan agar CCTV tidak terlepas/jatuh dari tempatnya.
Obeng minus digunakan untuk memperkuat tekanan kabel DC Coaxial di konektor DC.

4. Bor
Image result for bor
  Mungkin juga diperlukan bor untuk melubangi dinding atau langit-langit saat memasangkan CCTV di suatu ruangan.

Bahan :  
1. Monitor CCTV
Image result for monitor cctv


Sebagai perlengkapan pertama untuk melakukan instalasi CCTV Camera adalah adalah sebuah monitor. Dan untuk tampilan visual dari CCTV yang telah dipasang. 

2. Digital Video Recorder ( DVR ) 
Image result for dvr cctv
Perlengkapan jenis ini berfungsi sebagai penyimpan data visual untuk direkam kemudian diubah menjadi video dan bisa dimunculkan pada televisi atau monitor. Format file ekstensi untuk hasil rekam beragam, GCIF, MPEG4 dan AVi, jadi Anda mudah menentukan mana yang akan Anda gunakan, dan umumnya kapasitas penyimpanan sekitar 100GB lebih dan bisa diupgrade hingga 1 terabyte.

3. CCTV Camera 
Image result for cctv camera
 

     Adapter dan Power Supply

Image result for adapterImage result for power supply

    Adaptor dan power supply adalah sebuah rangkaian yang berguna untuk memberikan arus listrik dan mengubah tegangan AC yang tinggi menjadi DC yang rendah.
2.     Kabel Power CCTV dan Coaxial Kabel RG 59
Related image
         Untuk jenis kabel ini Anda bisa menyesuaikan daya yang diperlukan oleh perangkat lain ke adaptor dan power supplay, hati-hati dan jangan terbalik. Fungsi dari kabel ini adalah untuk menghubungkan dan mengirimkan data dari CCTV ke DVR.

3.     Konektor RF
Related image
    Biasanya ini disebut sebagai bayonet neil concelman (BNC), berfungsi sebagai penghubung antara CCTV Camera dengan Alat perekam (DVR) atau langsung ke monitor.

     Konektor CCTV Power DC

Image result for konektor cctv power dc
Konektor CCTV Power DC ini, berfungsi   untuk memberikan arus listrik kepada Camera CCTV.   
     4.     Kabel VGA
 
Image result for kabel VGA 
Kabel yang satu ini digunakan untuk menghubungkan DVR ke Monitor.

1.3           TAHAP PEMASANGAN

Ø Pemasangan CCTV pertama yang dilakukan ialah pengukuran antara tempat/titik tempat CCTV dengan tempat DVR nya. Pengukuran ini dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak kabel yang dibutuhkan setiap kelompok. Kelompok 2  membutuhkan kabel dengan panjang 85 m yang titik pusat CCTV berada di depan pintu masuk bengkel TPM dan DVR berada di bengkel TAB.  Dengan CCTV mengarah ke daerah masjid.
 

Ø Di minggu ke dua tanggal 21 Januari 2017 pemasangan CCTV di lanjutkan dengan memasang CCTV nya di titik yang sudah di tentukan dan pemasangan kabelnya. Pemasangan ini di memerlukan waktu yang banyak karena mulai dari pemasangan cctv yang diperlukan pengeboran hingga pemasangan kabel yang di tempel di dinding dengan penjepit kabel (CLEM).
Ø Di minggu terakhir pada tanggal 28 Januari 2017 pemasangan CCTV di lanjutkan dengan pencarian objek dan penentuan titik yang akan disorot bagian mana saja yang terkena sorotan CCTV. Penentuan sudut sorotan yang baik diperlukan kekompakan tim yang sangat kuat karena penentuan sudut ini satu kelompok harus terus berkomunikasi antara teman yang berada di di tempat CCTV (Bengkel TPM) nya dan teman yang berada di tempat monitor DVR nya (Bengkel TAB).
1.4             SKETSA GAMBAR KINERJA CCTV
Image result for sketsa gambar kinerja cctv




1.5             GAMBAR DENAH PEMASANGAN



 








A. Nama Barang
    
·        Paket CCTV AHD 2MP
·        1bh DVR 16CH AHD (cloud)
·        Bisa internet android ,IOS
·        HDMI output ,VGA output
·        16bh CCTV outdoor AHD 2MP (infra)
·        1bh hardisk 1TB
·        1bh power supply 12v 30a
·        1 roll kabel RG 59+Power 100m
·        32 jack bnc drat
·        16bh jack DC
·        1bh kabel HDMI

Spesifikasi:
          Lens 3,6mm
Resolution 2MP
          Infrared
System PAL
                        DC 12v      




B. Anggaran Dana
No
Nama Barang
Jumlah barang
Harga
1
CCTV
1
Rp. 300.000,-
2
DVR
1
Rp. 3.500.000,-
3
Kabel Coaxial
250 m
Rp. 500.000,-
4
Hardisk 2TB
1
Rp. 1.200.000,-
5
Biaya Installasi

Rp. 100.000,-
Jumlah


Rp. 5.600.000,-






PEMASANGAN CCTV PEMASANGAN CCTV Reviewed by Unknown on 18:15 Rating: 5

No comments:

Recent

Powered by Blogger.